24.7 C
New York
Sunday, July 3, 2022

Juknis Penulisan dan Pengisian Blangko Ijazah MI, MTs dan MA serta SHUAMBN MTs MA Tahun 2016

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

PETUNJUK PENULISAN DAN PENGISIAN BLANKO IJAZAH

A. Petunjuk Umum

1.    Ijazah untuk MI, MTs, dan MA hanya diterbitkan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi.
2.    Ijazah dan hasil ujian/daftar nilai ujian dicetak bolak-balik,Ijazah di halaman depan dan hasil ujian/daftar nilai ujian di halaman belakang.
3.    Ijazah MI, MTs, dan MA, diisi oleh panitia yang dibentuk oleh kepala madrasah.
4.    Ijazah  ditulis tangan  dengan baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih denganmenggunakan tinta warna hitamyang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.
5.    Jika  terjadi  kesalahan  dalam  penulisan  dan  pengisian  Ijazah  tidak  boleh  dicoret, ditimpa,  atau  di  tipe-ex  dan  harus  diganti  dengan  blanko  yang baru.
6.     Ijazah  yang  salah  dalam  penulisan  dan  pengisian  sebelum  dimusnahkan  disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman depan dan belakang, sebagai pernyataan blanko tersebut tidak sah digunakan. Selanjutnya blanko Ijazah diserahkan ke Kanwil Kemenag Provinsi kemudian dimusnahkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/Pendis dengan berita acara pemusnahan blanko Ijazah yang disaksikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.
7.     Berita  acara  pemusnahan  blanko  Ijazah  yang  salah  dalam  penulisan  dan  pengisian tersebut  ditandatangani  oleh  Kepala  Bidang  Pendidikan  Madrasah/Pendis  dan diketahui  oleh  Kepala  Kanwil  Kemenag  Provinsi,  selanjutnya  dilaporkan  kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam c.q. Direktorat Pendidikan Madrasah.
8.     Jika  terdapat  sisa  blanko  Ijazah  MI,  MTs, dan  MA,  Kepala  Madrasah  harus mengembalikan  sisa  blanko  Ijazah  tersebut  ke  Kanwil  Kemenag  Provinsi  melalui Kemenag  Kabupaten/Kota  dengan  disertai  berita  acara  yang  ditandatangani  oleh Kepala Madrasah disaksikan Kemenag Kabupaten/Kota.
9.     Sisa blanko Ijazah yang terdapat di Kanwil Kemenag Provinsi dimusnahkan paling lambat 31 Desember 2016 oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/Pendis dengan berita acara pemusnahan blanko Ijazah yang disaksikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.
10.  Berita  acara  pemusnahan  sisa  blanko  Ijazah  tersebut  ditandatangani  oleh  Kepala Bidang  Pendidikan  Madrasah/Pendis  dan  diketahui  oleh  Kepala  Kanwil  Kemenag Provinsi,  selanjutnya  dilaporkan  kepada  Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Islam  c.q. Direktorat Pendidikan Madrasah.
11.  Jika terjadi kekurangan blanko Ijazah, Kanwil Kemenag Provinsi segera mengajukan surat permohonan penambahan blanko Ijazah ke Direktorat Pendidikan Madrasah, selambat-lambatnya tanggal 30 Desember 2016
12.  Jika terjadi kesalahan dalam penulisan dan pengisian blanko Ijazah, sedangkan blanko Ijazah  cadangan  tidak  tersedia  dan  sudah  melampaui  batas  waktu  yang  sudah ditentukan pada poin 11, maka digantikan dengan Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang berpenghargaan sama dengan Ijazah.
selengkapnya bisa mendonwload juknis di sini
Demikian postingan Juknis Penulisan Ijazah, semoga bermanfaat (NS)


Sumber https://mtsmafaljpr.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel pemrograman.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,311FansLike
3,380FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles