24 C
New York
Thursday, June 30, 2022

Definisi dan Dampak Globalisasi

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Kalian pastinya sering mendengar kata globalisasi bukan?, lalu apa sih yang dimaksud globalisasi itu?.Globalisasi merupakan suatu istilah yang menerangkan munculnya kondisi masyarakat global dimana ekonomi, politik, lingkungan dan budaya di salah satu bagian negara atau dunia dengan cepat dapat menjadi bagian penting di belahan dunia lain. Globalisasi merupakan hasil dari kemajuan teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi. Globalisasi menggambarkan pertumbuhan ekonomi, politik, teknologi dan budaya yang terkoneksi dengan individu, masyarakat, bisnis dan pemerintahan di seluruh penjuru dunia. Globalisasi juga dicirikan dengan pertumbuhan perusahaan multinasional (bisnis yang memiliki investasi/cabang di berbagai dunia) dan perusahaan-perusahaan transnasional (bisnis yang berfungsi di pasar global). Lembaga-lembaga internasional yang mengawasi perdagangan dan keuangan dunia memainkan peranan yang semakin penting dalam era globalisasi ini.

Meskipun sebagian besar masyarakat hidup sebagai warga suatu negara tertentu, namun secara budaya, material, psikologis mereka terlibat dengan kehidupan negara lain yang belum pernah mereka kunjungi. Persitiwa jarak jauh sering berdampak langsung yang signifikan, mengaburkan batas dunia pribadi. Barang yang kita gunakan sehari-hari, pakaian, makanan, mobil, alat elektornik, semuanya merupakan produk hasil dari globalisasi.
Globalisasi memiliki dampak positif dan negatif. Aspek negatif globalisasi diantaranya adalah penyebaran penyakit dengan cepat, transaksi narkoba, terorisme, dan migrasi yang tidak terkontrol. Sedangkan aspek positif dari globalisasi diantaranya adalah penyebaran iptek, teknologi, investasi, sumber daya alam dan nilai-nilai etika budaya.
Bukti paling besar dari globalisasi adalah peningkatan perdagangan dan pergerakan modal (saham, obligasi dan investasi lainnya). Dari tahun 1950 sampai 2001 volume ekspor dunia naik 20 kali lipat. Pada tahun 2001 perdagangan dunia sebesar seperempat dari semua barang dan jasa yang dihasilkan dunia.
Adapun modal, pada awal tahun 1970 yang berkisar hanya $ 10 miliar menjadi $ 20 miliar pada mata uang nasional ditukar setiap hari. Pada bagian awal abad ke-21 lebih dari $ 1,5 triliun yen, euro, dolar, dan mata uang lainnya yang diperdagangkan setiap hari untuk mendukung tingkat pengembangan perdagangan dan investasi.  Perdagangan mata uang besar-besaran juga dilakukan karena investor berspekulasi apakah nilai mata uang tertentu mungkin naik atau turun.

Dampak paling besar dari globalisasi adalah perbaikan dalam teknologi komunikasi, transportasi, dan informasi. Misalnya, tidak hanya mata uang, tetapi juga saham, obligasi, dan aset keuangan lainnya dapat diperdagangkan sekitar jam dan di seluruh dunia karena inovasi dalam komunikasi dan pengolahan informasi. Tiga menit telepon dari New York City ke London pada tahun 1930 biayanya lebih dari $ 300 (sesuai harga pada tahun 2000), membuat komunikasi instan sangat mahal. Hari ini biaya yang signifikan.

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi telah membantu memangkas biaya proses pesanan bisnis lebih dari 90 persen. Penggunaan komputer untuk melakukan transaksi perbankan di internet, misalnya, biaya yang uang industri perbankan per transaksi bukan transaksi dolar dengan metode tradisional. Selama sepertiga terakhir abad ke-20 biaya riil kekuatan pemrosesan komputer turun 35 persen rata-rata setiap tahun. Sejumlah besar informasi dapat diproses, bersama, dan disimpan pada disk atau chip komputer, dan biaya terus menurun. Orang bisa hampir di mana saja dan tetap dalam komunikasi instan dengan majikan mereka, pelanggan, atau keluarga 24 jam sehari, 7 hari seminggu, atau 24/7 karena fasilitas komunikasi tersedia. Ketika orang-orang di Amerika Serikat memanggil Helpline atau membuat reservasi maskapai, mereka dapat terhubung ke seseorang di Mumbai (Bombay), India, yang telah dilatih untuk berbicara bahasa Inggris dengan aksen Amerika. berbahasa Inggris lain di seluruh dunia mempersiapkan pengembalian pajak untuk perusahaan AS, mengevaluasi klaim asuransi, dan berusaha untuk mengumpulkan rekening tertunggak melalui telepon dari ribuan kilometer dan sejumlah zona waktu.

pic: http://anelynlovera.wikispaces.com/

Kemajuan dalam komunikasi langsung menyatukan orang di seluruh dunia. Misalnya, satelit komunikasi memungkinkan siaran televisi global untuk membawa berita acara yang jauh, seperti perang dan bencana nasional serta olahraga dan bentuk hiburan lainnya. Internet, ponsel, dan komunikasi bergerak sangat cepat. World Wide Web dan komputer yang menyimpan data dalam jumlah besar memungkinkan akses cepat ke informasi yang melebihi setiap perpustakaan.


Perbaikan di bidang transportasi juga merupakan bagian dari globalisasi. Dunia menjadi lebih kecil karena pengiriman dengan pesawat jet. Bahkan dalam lebih lambat, kapal laut telah merampingkan transportasi dan biaya diturunkan karena inovasi seperti pengiriman peti kemas. Kecepatan saat ini adalah suatu bagian penting dari kehidupan. 

Kemajuan dalam transportasi telah memungkinkan perusahaan AS untuk kontrak kerjasama manufaktur untuk pabrik-pabrik asing. Sebagai contoh, di awal 2000-an Guadalajara, Meksiko, pabrik Flextronics International membuat komputer saku, TV Web-terhubung, printer komputer, dan bahkan teknologi tinggi monitor glukosa darah, untuk berbagai perusahaan AS. Biaya transportasi yang rendah memungkinkan Flextronics untuk mengirim  produk ini di seluruh dunia, dan Perdagangan Bebas Amerika Utara(NAFTA) membuat Meksiko menjadi lokasi yang lebih menarik bagi Flextronics.

Kemajuan dalam teknologi informasi juga telah menurunkan biaya bisnis. Perusahaan global Cisco Systems, misalnya, adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia yang diukur dengan nilai pasar sahamnya. Namun Cisco hanya memiliki tiga pabrik untuk membuat peralatan yang digunakan untuk membantu mengelola koneksi Internet. Cisco mensubkontrakkan seluruh pekerjaan kepada perusahaan lain di seluruh dunia. Platform informasi, seperti World Wide Web, memungkinkan subkontraktor Cisco untuk mengajukan tawaran untuk bisnis di situs Web Cisco di mana lelang berlangsung dan di mana pemasok dan pelanggan tinggal di kontak dengan bebas.

Penurunan biaya  telah memungkinkan perusahaan AS untuk melakukan ekspansi di luar negeri, juga telah membuat lebih mudah bagi produsen asing untuk mendirikan pabrik di Amerika Serikat. Dua-pertiga dari mobil yang dijual di Amerika Utara oleh Jepang Toyota Motor Company dibangun di Amerika Utara, banyak di Kentucky dan di tujuh negara lainnya. Michelin, raksasa perusahaan Perancis, memproduksi ban di South Carolina di mana perusahaan mobil Jerman BMW juga memproduksi mobil untuk pasar Amerika Utara.
Tidak hanya barang, uang, dan informasi bergerak jarak yang jauh dengan cepat, tetapi juga manusia bergerak melintasi batas wilayah dengan cepat. Migrasi, baik legal maupun ilegal, adalah fitur utama dari era globalisasi ini. Pengiriman uang (uang dikirim pulang oleh pekerja ke negara asal mereka) telah menjadi sumber pendapatan penting bagi banyak negara. Dalam kasus El Salvador, misalnya, pengiriman uang sama dengan 13 persen dari total pendapatan nasional-sumber yang lebih signifikan di negara itu pendapatan dari bantuan luar negeri, investasi, atau pariwisata. Baca juga: Institusi Globalisasi Dunia
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel pemrograman.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,311FansLike
3,375FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles